Fenomena & Perubahan Sosial Menurut Ibn Khaldun


PERTEMUAN III

›  FENOMENA

  • something experienced: a fact or occurrence that can be observed.
  • philosophy object of perception: something perceived or experienced, especially an object as it is apprehended by the human senses as opposed to an object as it intrinsically is in itself

›  PERUBAHAN

  • pass from one state to another: to pass or make something pass from one state or stage to another.

›  METODOLOGI

  • study of research methods: the study of methods of research

FENOMENA SOSIAL

›  Secara dzahiry Peristiwa2 yg mengajarkan manusia memahami kejadian alam, situasi & kondisi pembentuk perubahan, dsb.

›  Secara bathiny peristiwa tsb mengandung penalaran kritis & usaha mencari kebenaran (tahqiq)

›  Manusia adl makhluk sosial (al-insanu madaniyyun bit-thab’i) è eksistensinya melalui hidup bersama

›  Dlm hidup bersama diperlukan tatanan sosial

›  Perilaku Sosial

  • tindakan (dilakukan dlm relasi dg yg lain) berdasar pd persepsinya tg sesuatu yg membuatnya bertindak

UNSUR-UNSUR DALAM BERBICARA PERUBAHAN SOSIAL

  • Ashobiyah
  • Perilaku Sosial
  • Konstrol Sosial/pengawasan
  • Stuktur Masyarakat
  • Keterlibatan Agama dlm Khdpn Sosial

ASHOBIYAH

  • Ashobiyah à Solidaritas dlm kerangka Kekuatan Kelompok /etnik  [politik & identitas]
  • Solidaritas Durkheim à bersifat fungsional

KONTROL SOSIAL

  • Masy. Hadlarah: memerlukan lembaga/institusi yg mengatur tg tatanan sosial tsb
  • Masy. Badawa; kontrol social adl Motivasi individu, muncul scara spontan

PERUBAHAN SOSIAL

›  Ashobiyah memiliki makna positif. Ia adl sarana masy. Menuju perubahan dlm Struktur Politik  dan perubahan pd Bentuk Budaya

›  Scara Struktur Politik; terdapat perubahan dr struktur masy. Primitif (Badawa) ke  berperadanan (Madani).

›  Smakin kuat ashobiyah suatu masy.  Akan muncul solidaritas yg kuat; & berlaku sebaliknya

AGAMA

›  Setiap individu adl anak zaman dan lingkungan è setiap org mempelajari hal-hal dr mereka (Aturan, adat istiadat, tata cara, dsb)

›  Agama, tdk selalu menjadi satu-satunya  aturan yg ada di suatu masy. Tapi agama bisa dipahami dlm suatu kehidupan sosial, sbagai konteks sosial.

›  “Dan, bahkan sebagai sesuatu yg sekuler, pun..sebenarnya agama sedang dipahami dalam konteks sosial”

PERTEMUAN IV

METODOLOGI IBN KHALDUN

›  Tradisi penyelidikan/penelitian secara mendalam ataS PERISTIWA2 YG TERJADI adl  hal penting dlm studi sosial alam.

›  Terdapat berbagai tradisi ilmiah yang diusahakan; Generalisasi, Restriksi, Komprehensif, penelitian empirik-analitis, partisipatoris, dsb.

›  Penyelidikan tg fakta sosial memerlukan alat bantu pengetahuan yg beragam. Fakta sosial, fakta politik, tradisi, agama yg hidup dlm masy, kebiasaan hidup masy. Maka, sosiologi jg memerlukan peran studi sejarah, politik, antropologi, psikologi, dsb.

›  Khaldun pribadi mengedepankan sumber pengetahuan yg empirik mengedepankan kebenaran yg objektif

›  Dibuktikan dg kecenderungannya untuk melakukan studi secara etnografi

›  Misal: “Masy Badawa, adl sebuah perlambang karakter masy. Nomaden, mereka hidup secara kasar & liar, dipaksa oleh situasi padang pasir yg keras, shingga terdorong u bekerja keras. Disini, suku bekerja sbagai sebuah kesatuan, ….saling mendukung menghadapi tantangan dari luar“

CARA MENDAPAT PENGETAHUAN

›  Metode yg sahih, harus dilakukan secara kritis thd para periwayat  dg tujuan mendapat informasi apakah bisa diterima, atau lebih baik ditolak

›  Metode Induktif dan Metode Deduktif

›  Metode Observasi dan penjelasan secara mendalam.

›  Misal; penjelasan mengenai korelasi struktur geografis (masy. Pegunungan & masy  pesisir) dg tipologi karakter masy. nya, yg dijelaskan secara empirik. 

CARA MENGUKUR KESAHIHAN DLM MENDAPAT PENGETAHUAN

  1. Keaslian Berita dg mengukur tingkat Kredibilitas (tsiqqah)
  2. Kredibilitas Peneliti dg Menguji daya ingat periwayat (dhabith)
  3. Fakta Historis dg Mempertimbangkan kesesuaian (muthabaqah) yg diceritakan dg kondisi umum

ILMU-L-‘UMRAN

›  Studi Khaldun atas fenomena sosial disebutnya ILMU-l-’UMRAN

“Ilmu yg memberi bantuan tg penjelasan historis dan filosofis tg kondisi serta perubahan masy. Untuk memperoleh pengetahuan yg sahih”

›  Ilmu ini mencari pengertian tg sebab yg mengundang manusia bertindak, jg melacak pemahaman tg akibat dr tindakan tsb. 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

augenblickphotodotcom

Just another WordPress.com site

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Sophia Sciencia

"Berbuatlah adil sejak dari fikiran"

"Berbuatlah adil sejak dari fikiran"

"Berbuatlah adil sejak dari fikiran"

"Berbuatlah adil sejak dari fikiran"

SONGGOBUMI

duniawi hanya hiasan semu,janganlah terjebak di dalamnya,pergunakanlah duniawimu untuk merengkuh ilmu bekal di akhirat nanti yg hakiki

Suryadilaga's Blog

Just another WordPress.com weblog

"Berbuatlah adil sejak dari fikiran"

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.991 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: